Yoda Taruna – Kebumen

Beranda » Sejarah Kebumen dari Sisi Historis

Sejarah Kebumen dari Sisi Historis

Lapangan tenis Kebumen 1904 -1910 (kitlv)

Lapangan tenis Kebumen 1904 -1910 (kitlv)

Asal Mula Kabupaten Kebumen

Kabupaten Kebumen adalah nama baru dari kabupaten lama yang bernama Panjer. Nama Panjer dalam bahasa Sansekerta berarti tonggak atau awal; Punjer berarti pusat (Kamus Bahasa Sansekerta DR. Purwadi M. Hum). Ibukota kabupaten Panjer berada di Panjer hingga masa terakhir perang Dipanegara.

1831 ibukota Panjer dikuasai Belanda setelah peristiwa penyerangan besar – besaran Belanda dari tiga arah :

 

 

  • Sektor selatan pasukan Mayor Biskus dan Magilis
  • Sektor barat pasukan Mayor Verbrug, Kapten Arons, dan Huster
  • Sektor timur pasukan Mayor Van Royen, pasukan Surakarta dan Yogyakarta di bawah pimpinan Arungbinang IV.

1832 ibukota lama Panjer dipindah ke tempat yang baru setelah belanda membumikanguskan pendopo agung Panjer karena Panjer di bawah Kalapaking IV sebagai kekuatan terbesar P. Dipanegara tetap melakukan perlawanan meskipun P. Dipanegara telah tertangkap.(Sejarah Dinasti Kalapaking, R. Tirta Wenang)

 

Panjer Dari Masa Ke Masa

Panjer adalah sebuah kerajaan di wilayah barat yang telah ada sejak masa pra Islam dan dikategorikan sebagai wilayah mancanegara oleh kerajaan – kerajaan di  wilayah timur. Sebutan untuk pemimpin Panjer masa lalu adalah Kuwu Panjer. Sebutan Kuwu Panjer diganti menjadi Adipati pada masa kerajaan Demak. Kata Kuwu merupakan sebutan pemimpin suatu wilayah pemerintahan kuno di Jawa yang dalam perkembangannya menjadi kerajaan. Kata Panjer telah ada jauh sebelum masa islam.

 

(TIJDSCHRIFT VOOR INDISHCHE TAAL – LAND – EN VOLKENKUNDE DEEL XLIII BATAVIA 1901 HALAMAN 423).

Terugkeereude naar Wirasaba, verhaalt ons de dichter, dat ook Dipati Margahoetama vernomen had, dat Madjapahit en het oude geloof waren verdwenen en hadden plaats gemaakt voor het Sultanaat van Demak en de leer van den Profeet, die door Wali’s onderwezen werd.Hij ging daarom onmiddelijk op audientie bij den Sultan en bood Ki Boewara, zijn reisgenoot aan, om in de leer van den Islam te worden onderwezen.Dat geschiedde: Ki Boewara genoot onderricht in de masdjid, tot hij volleerd was en Dipati Margaiioetamakeerde naar Wirasaba terug, met het vorstellijk bevel, om zijn geheel gebied te doen toetreden tot den Islam, terwijl aan den bloedverwant van den Dipati, genaamd Soewarga, die koewoe van Pandjer was, vergund werd den titel te voeren van Adipati van Pandjer, zoodra hij tot de belijdenis van den Islam zou toegetreden zijn.Juist toen hij te Wirasaba aankwam, bracht jongere broeder Soewarga hem een bezoek.Hem werd medegedeeld, wat de Sultan gelast had.Soewarga werd in de nieuwe godsdienstige instellingen onderricht, zoomede de bevolking van beide nagari’s, Pandjer en Wirasaba, en allen zonder onderscheid, mannen en vrouwen, treden toe tot den Islam.

 

Inti Terjemahan:

“Ketika Majapahit digantikan oleh Sultan dari Demak yang didukung oleh para wali, Adipati Margahutama dan Ki Boewara pergi ke Demak untuk menganut Islam. Ki Boewara belajar Islam di Masjid Demak hingga lama, sedangkan Adipati Margahutama pulang kembali ke Wirasaba. Kuwu Panjer diubah sebutannya menjadi Adipati Panjer setelah ia menyetujui untuk memeluk Islam.

            Paham Islam pun dipeluk oleh semua rakyat, tua muda, laki laki perempuan di kedua negara, yakni Panjer dan Wirasaba”.

 

Panjer Masa Kerajaan Kadhiri

Sebelum era Demak, ternyata Panjer juga telah dikenal pada masa Kedhiri. Dalam babad Kadhiri disebutkan adanya Sendang Kalasan sebagai sendang keramat di kadipaten Panjer. Meski demikian pemakaian kata kadipaten tidak sinkron pada era tersebut. Hal ini menjadi maklum karena si penulis babad Kadhiri yakni Mng. Poerbawidjaja dan diselesaikan oleh Mng. Mangoenwidjaja pun menyatakan bahwa naskah tersebut ditulis pada masa menjelang kemerdekaan sehingga nama tempat dan kejadian kadang tidak sesuai dengan kenyataan pada saat itu. Selanjutnya bisa anda baca dan unduh/download buku ini pada tautan ini….

ditulis oleh : Ravie Ananda
kebumen2013.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: